Backstory Film Toy Story




          Pada tanggal 22 Juni 2019, saya membaca sebuah thread twitter yang dibuat oleh akun bernama @Alliaputri_. Thread tersebut membahas mengenai cerita dalam film Toy Story yang tidak diperlihatkan di filmnya. Cerita ini bukanlah fan theory, tapi benar merupakan backstory dari film Toy Story. Kisah ini dituturkan oleh Joe Ranft, salah satu penulis Toy Story, kepada Mike Mozart, seorang youtuber mainan. Cerita itu tidak pernah ditayangkan di media manapun. Oh ya, @Alliaputri_ mendapatkan cerita ini dari sebuah akun IG yang bernama boimlenno.
            Menurut saya backstory dari film tersebut memiliki kesan yang mendalam, memang terlalu berat untuk dimasukkan dan ditayangkan menjadi film kartun untuk anak, tapi untuk remaja dan dewasa, backstory sangat bagus dan memberikan perasaan yang sukar untuk diurai dalam dada. Membuat diri ini untuk lebih bersyukur dengan keadaan sekarang. Dari aku dalam kandungan dan hingga detik ini, aku merasa kehidupanku tidak sesusah yang dialami oleh Andy Sr.
1.      Oke jadi selama ini kita Cuma tahu Andy hidup sama mak dan adiknya, Molly. Di film pertama pasti kita bertanya-tanya, “ bapaknya Andy kemana ya?, kalo sudah meninggal atau cerai kenapa Andy bisa punya adik yang masih bayi?”
2.      Jadi jawabannya adalah bapaknya Andy sudah meninggal waktu Molly masih dalam kandungan, tapi pasti ada pertanyaan lagi “ abis bapaknya meninggal, kok Andy happy banget pas rayain ulang tahunnya, gak ada sedih-sedihnya?”
3.      Ya Andy sudah bisa move on karena sebelum bapaknya meninggal, Andy diturunin mainan Woody, jadi itu yang bikin Andy happy karena dia menganggap sebagian diri dari bapaknya adalah woody.
4.      Apa buktinya kalo bapaknya Andy ada di film? Ini dia buktinya. Foto-foto di tembok ini pas scene awal-awal film pertama itu adalah foto-foto bapaknya Andy. Nama bapaknya Andy adalah Andy Senior. Kenapa kita bisa yakin kalo foto-foto ini adalah foto dari Andy Sr bukannya foto-foto Andy Jr? di foto itu kita bisa liat dia pakai kacamata dan giginya ompong. Itu sama sekali ga mirip sama Andy Jr. jadi bisa di-confirm kalo itu adalah foto-foto Andy Sr.
5.      Flashback ke tahun 1950an waktu Andy Sr masih kecil. Andy Sr lahir dari keluarga yang kurang mampu dan dia mengidap penyakit polio karena gak mampu untuk vaksin polio. Andy Sr kecil suka banget nonton acara TV yang dibuat oleh merek sereal “Cowboy’s Crunchies” yaitu acara “Woody’s Roundup.” Pada waktu itu acara Woody’s Roundup itu ng-hits banget dan merchandise nya banyak banget. Sampe satu waktu mereka mau rilis boneka Woody sebagai bentuk promosi sereal Cowboy’s Crunchies ini.
6.      Cowboy’s Crunchies Cuma akan merilis boneka Woody dengan cara giveaway. Buat ikutan giveawaynya, peserta harus kirim 30 box sereal untuk ditukar dengan boneka Woody, tapi karena Andy Sr kurang mampu, dia Cuma bisa kumpulin 7 box dan dengan nekat dia tetap kirim 7 box itu berikut dengan surat yang isinya mengapa dia pantas untuk memenangkan boneka woody dan suratnya pun didekor sebagus mungkin sama Andy Sr.
7.      Saat Prototype boneka Woody dibuat. Tiba-tiba keluar berita tentang peluncuran satelit Sputnik, sehingga anak-anak pada zaman itu langsung lebih tertarik sama astronout dibanding cowboy. Karena hal itulah acara Woody’s Roundup dibatalkan dan boneka Woody gak jadi dirilis. Makanya di film Toy Story 2 dikasih liat betapa langkanya barang-barang Woody’s Roundup dan figure-figure nya kayak Jessie dan lain-lain karena semua figure-figure ini Cuma prototype saja dan gak pernah diproduksi secara massal.
8.      Salah satu sekretaris yang bekerja di Cowboy’s Crunchies mikir pasti anak-anak yang sudah ngirim box sereal ini bakal kecewa kalo tahu ternyata perilisan mainan Woody ini dibatalkan. Lalu sekretaris ini liat di antara box sereal yang sudah dikirim sama anak-anak, yang paling berkesan adalah punyanya Andy Sr. Akhirnya dikirmlah prototype boneka Woody ini ke Andy Sr sama si Sekretaris tersebut. Mungkin ini juga jadi salah satu alasan kenapa Woody Cuma punya holster tapi ga punya pistol. Karena mainan ini dasarnya adalah mainan prototype.
9.      Setelah mendapatkan boneka Woody, Andy Sr harus menjalani pengobatan khusus buat penyakit polionya. Pada saat itu entah kenapa barang-barang kepemilikannya harus dibakar, termasuk sama mainan-mainannya. Karena Andy Sr ga mau mainan kesayangannya ikut dibakar, Andy Sr merangkak ke halaman rumahnya buat nyelametin 3 mainan yang sudah mau dibakar. Ketiga mainan itu adalah Woody, Stinky, dan Mr. Potato Head. Ya, ketiga mainan ini termasuk OG nya OG dari Toy Story.
10.  Makanya kalo kita lihat, kayaknya Stinky itu bela Woody banget, karena mereka memang sudah dari dulu bareng-bareng. Setelah Andy Sr selametin mainannya, dia taro mainan-mainannya di sebuah kotak dan kotak itu dikunci dan diumpetin. Beberapa tahun kemudian Andy Sr sudah gede dan dia sudah sembuh dari polio. Dia pindah ke Seattle dan menikahlah dia dengan mamanya Andy Jr, namun pas mau punya Molly, Andy Sr terkena Post Polio Syndrome, jadi kesehatannya memburuk lagi.
11.  Sebelum akhir hayatnya, Andy Sr memanggil Andy Jr untuk kasih sesuatu ke Andy Jr. Andy Sr kasih kunci ke Andy Jr untuk ambil sebuah kotak di kamar Andy Sr dan buka kotak itu menggunakan kunci yang dikasih tadi. Andy Sr bilang kalo di dalam kotak itu ada barang yang sangat spesial yang nantinya bakal jadi teman baik dan partner buat Andy Jr. Pas Andy Jr naik ke atas dan ambil kotaknya, tiba-tiba Andy Sr meninggal dan Andy Jr belum sempat buka kotak tersebut.
12.  Beberapa hari setelah pemakaman bapaknya, Andy Jr keinget lagi sama kotak yang belum sempat dia buka. Akhirnya dia buka kotak itu dan di dalamnya ada Woody, Slinky, dan Mr. Potato Head. Nah, karena ketiga mainan itu tidur pas dimasukkan ke kotak dan mereka ga bisa bedain waktu, jadi mereka bertiga berpikir bahwa Andy yang buka kotak sekarang ini adalah Andy yang sama dengan Andy Sr yang masukin mereka ke dalam kotak. Makanya mereka ga punya ingatan mengenai bapaknya Andy Jr karena selama ini Woody selalu mikir bahwa Andy Jr ini adalah Andy Sr.
13.  Makanya Woody sangat setia sama Andy karena dia pikir Andy yang dia tahu sekarang adalah Andy yang dulu. Damn That’s deep. Semakin mewek kan pas kita bayangin lagi scene terakhir Toy Story 3. Dan Toy Story 4 ini bakal lebih sedih juga jadinya. Jadi kesimpulannya adalah Woody ini adalah mainan Woody satu-satunya di dunia dan ga ada lagi, makanya kita ga pernah liat woody ketemu sama mainan Woody lainnya, sedangkan Buzz pernah ketemu Buzz lainnya di Al’s Toy Barn karena Woody ini bener-bener Cuma 1 di dunia dan Cuma dimiliki oleh Andy. Itulah yang bikin Woody sangat spesial dan bakal selalu jadi mainan favorit aku.
Itulah mengapa model tulisan “Andy” di kaki Woody dan Buzz beda, karena memang ditulis oleh orang yang berbeda.

Tidak ada komentar untuk "Backstory Film Toy Story"