Kontrol Stress dengan WIWIS



Sewaktu penulis sedang beberes kamar kost, penulis menemukan sebuah stickynote yang berisi rangkuman video yang pernah penulis tonton di Youtube. Judul video tersebut tidak penulis ingat dengan jelas, tapi penulis ingat bahwa video tersebut penulis dapatkan dari channel bernama satu persen. Satu persen merupakan sebuah channel yang memiliki misi untuk mengajarkan tentang hidup dan cinta yang tidak diajarkan di sekolah, padahal pengetahuan dan keterampilan itu sebenarnya penting ketika menjalani hidup. Channel youtube berbahasa Indonesia yang keren menurut penulis.

Judul dari tulisan yang ada di stickynote tadi adalah Tiga Langkah Kontrol Stress, langkah tersebut terangkum di dalam konsep WIWIS – what if, what is stress management.

Metode kontrol stress WIWIS sendiri cukup simple secara teori, hanya tiga langkah. Untuk dapat mempraktikannya yang merupakan tantangan tersendiri. Berikut langkahnya,

1. Tanya diri sendiri. “Inti masalahnya apa sih?”

2. Apa masalah itu merupakan keadaan darurat?

Definis keadaan darurat yang dimaksud adalah ketika tidak menemukan solusi. Bagaimana mengatasinya? Fokus ke solusi, jangan ke masalah, tenang jika tahu apa yang butuh dan harus dilakukan.

3. Just do it!

Lakukan langkah pertama dan kecil, fokus per langkah biar ga stress. Rencanakan dengan matang, terperinci langkah yang hendak diambil.

Begitulah kurang lebih yang penulis tangkap setelah mengingat-ingat isi video dan panduan dari tulisan ringkas di stickynote yang penulis temukan. Semoga bermanfaat, ciao.

Purwokero, 19.53
Thus, Jan 9 2020

Tidak ada komentar untuk "Kontrol Stress dengan WIWIS"