Resume Genbi Smart 8 Agustus 2020


RESUME GENBI SMART
Nama : Mochamad Faza Huda
Bidang : Eksternal
Komisariat : Universitas Jenderal Soedirman
Tanggal : 8 Agustus 2020
 
"Be A Smart Consumer For Your Healthy Life"
 
Narasumber : Mujibur Rahman
Mahasiswa Berprestasi Fakultas Peternakan Unsoed.
 
Yang akan dibahas adalah 3 produk peternakan utama, yaitu Daging secara umum, Telur, dan Susu.
 
Ada Standar ASUH, yaitu Aman, Sehat, Utuh, dan Halal.
 
Produk pertenakan utama yang paling mudah untuk dipalsukan adalah SUSU.
 
JULEHA itu Jurus Sembelih Halal.
 
Yang harus diPERHATIKAN saat memilih DAGING, itu WARNA (daging ayam harus putih tidak ada warna terutama ungu. daging sapi harus merah tua, jangan merah gelap atau merah pucat) TEKSTUR (tekan daging dan jika kembali ke bentuk semula artinya segar, jika tidak maka jelek) (DAGING BEKU dipilih yang TIDAK ada BUNGA ES karena itu indikator lama) KELEMBABAN (daging TIDAK BERAIR, pilih yang segar)
 
 
TELUR beli ada tanggal produksi (telur diambil dari kandang). BATAS WAKTU TELUR LAYAK KONSUMSI adalah 2 MINGGU/14 HARI di SUHU RUANGAN. Tampilan fisik telur, TIDAK ada FESES, BERCAK PUTIH, BERCAK DARAH. Cari TELUR yang BERSIH. Jika telur DIKOCOK BUNYI maka JELEK. Telur yang BAIK DIRENDAM akan TENGGELAM.
 
SUSU harus DIAMATI. WARNA SUSU MURNI adalah PUTIH KEKUNINGAN. SUSU MURNI ada GUMPALAN LEMAK UTUH, tidak pecah. KONSISTENSI SUSU lebih KENTAL dari AIR tapi TIDAK KENTAL BANGET. DICIUM TIDAK ada AROMA.
 
TANYA JAWAB
 
1. Penanganan Konsumsi Produk Hewani Basi bagaimana?
Jika yang dikonsumsi tidak banyak maka tidak apa-apa saat imunitas baik, saat imunitas tidak baik maka biasanya akan diare. Langkah selanjutnya bisa dengan konsumsi lagi protein hewani yang bagus untuk menutup konsumsi sebelumnya yang basi. 
2. Apa penyakit menular lewat daging dan kenapa bau susu segar ada yang bau dan tidak?
Iya, daging bisa menularkan penyakit seperti antraks/sapi gila. Virus bisa bertahan sampai 10 tahun tanpa adanya pertenakan.
Daging yang baik adalah tidak langsung kita olah/konsumsi, tapi ditunggu dulu untuk proses pengeluaran darah dari daging, waktunya antara 12 jam sampai 24 jam.
Susu akan ikut bau yang ada didekatnya saat pemerahan.
Tambahan : daging bisa diempukan dengan enzim tertentu seperti menggunakan daun pepaya, blimbing wuluh, dan sebagainya.
3. Mengurangi bau dari binatang ternak?
Bau karena kadar amoniak tinggi karena nutrisi pakan tidak tercerna sepenuhnya dengan baik. Harus ada pembersihan secara rutin atau penutupan dengan kapur atau semprot dengan E4. ada jarak minimal kandang ternak yaitu 100 meter dari pemukiman warga. 
 

Tidak ada komentar untuk "Resume Genbi Smart 8 Agustus 2020"