Soal UAS1 Pengantar Sosiologi 2018/2019

   1. a. Karl Marx menggunakan dimensi ekonomi sebagai dasar stratifikasi sosial, sedangakan Marx Weber menggunakan dimensi yang lain. Jelaskan dimensi tersebut!
   b. menurut Bendix dan Lipsen bahwa stratifikasi menyebabkan perbedaan perilaku dan gaya hidup. Jelaskan bagaimana hubungannya stratifikasi dengan fertilitas dan harapan hidup.

2. William Ogbum memberikan definisi bahwa perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan pada kebudayaan materiil dan kebudayaan immateriil.
a. jelaskan kenapa kebudayaan materiil dan immateriil tersebut saling mempengaruhi.
b. berikan contoh bentuk perubahan yang direncanakan (planned change) dan yang tidak direncanakan (unplanned change) dapat saling mempengaruhi!

3. ada 5 institusi pokok dalam masyarakat, salah satunya Agama yang berhubungan dengan institusi lain. Jelaskan bagaimana hubungannya dengan politik, tradisi, ekonomi, dan pendidikan.

4. saat ini aksi Klithih marak terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perilaku brutal yang dilakukan komunitas remaja dengan cara tawuran antar kelompok. Ada 3 teori perilaku kerumunan yaitu contagion theory, emergent norm theory, and convergence theory.
Bagaimana menurut Saudara dengan menganalisis permasalahan tersebut dengan salah satu teori perilaku kerumunan yang paling tepat untuk mengupas permasalahan klithih.

Tidak ada komentar untuk "Soal UAS1 Pengantar Sosiologi 2018/2019"